Jumat, 27 Mei 2011

Visual Basic


Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer
Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
Bahasa pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan daripendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code)yang dikembangkan pada era 1950-an.

Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung object  (Object Oriented Programming = OOP).
Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows.
Title Bar
Merupakan batang judul untuk menunjukkan nama proyek yang sedang aktif
Menu Bar
Merupakan menu utama yang berisi file, edit, view, project dan lain-lain.
Main Bar
Merupakan menu yang berisikan add form, menu editor, cut, copy dan lain-lain.

pointer
Memilih, mengatur ukuran, dan memindah posisi kontrol yang terpasan pada bagian from.
Picture Box
Menampilkan gambar dari sebuah file
Label
Menampilkan taks, dimana pengguna program tidak bisa mengubah teks tersebut
TextBox
Membuat objek teks, dimana teks tersebut dapat diubah oleh penggu program.
Frameh
Mengelompokkan beberapa kontrol. Frame ini harus dibuat terlebih dahulu sebelum di isi dengan kontrol-kontrol yang akan dikelompokan
Command Button
Membuat tombol perintah
CheckBox
Membuat kotak periksa, dimana pengguna program dapat memilih beberapa pilihan sekaligus.

Line
Membuat garis lurus
Image
Menampilkan gambar dalam form dengan format bitmap, icon, atau metafile.
Data
Menghubungkan program dengan database dan menampilkan informasinya pada form
OLE
Membuat link antara program aplikasi.
View Code
Menampilkan jendela code yang merupakan tempat untuk menulis kode program dari objek yang terpilih pada jendela form
View my Object
Menampilkan jedela form yang merupakan tempat untuk mendesain aplikasi program
Form
Menampilkan atau memnyembunyikan folder yang menampung nama form dari suatu proyek.
v  Dalam pemrograman berbasis obyek (OOP), memahami istilah object, property, method dan  Event sangat penting.
§  Object : komponen di dalam sebuah program
§  Property : karakteristik yang dimiliki object
§  Method : aksi yang dapat dilakukan oleh object
§  Event : kejadian yang dapat dialami oleh object

Mengenal program event
Event tindakan yang dilakukan oleh objek sep: menekan tombol keyboard, melakukan drag drop, dll.
Mengenal Metode
Metode merupakan kumpulan perintah suatu fungsi atau prosedur.
Properti merupakan atribut yang melekat pada suatu kontrol yang berfungsi untuk menentukan karakerisik dari kontrol.
Properti juga digunakan untuk menentukan cara kerja dan tampilan dari sebuah kontrol
Event suatu kejadian yang dikenakan untuk objek/kontrol.

Array merupakan sekumpulan nilai data yang     “dikelompokkan” dalam sebuah variabel. Array
     digunakan bila ada beberapa nilai data yang tipe datanya sama dan akan mendapat perlakuan yang  
     samapula.

Struktur kontrol di dalam bahasa pemrograman adalah perintah dengan bentuk (struktur) tertentu yang digunakan untuk mengatur (mengontrol) jalannya program.
Visual Basic 6 mengenal dua jenis struktur kontrol, yaitu :
§  Struktur kontrol keputusan - digunakan untuk memutuskan kode program mana yang akan dikerjakan berdasarkan suatu kondisi.
§  Struktur kontrol pengulangan - digunakan untuk melakukan pengulangan kode program.

Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program, berbentuk rangkaian perintah yang harus ditulis untuk memenuhi beberapa keadaan, yaitu :
§  Mengulang sebagian rutin karena tidak terpenuhinya suatu kondisi
§  Melanjutkan sebuah pernyataan bila kondisi terpenuhi
§  Memilih sebuah pilihan dari beberapa alternatif bila sebuah kondisi terpenuhi

Ø  IF
§  Digunakan untuk membandingkan suatu kondisi tertentu, jika kondisi tersebut benar  maka akan menjalankan ekspresi tertentu, tetapi kalau salah tidak akan dijalankan.
Ø  SELECT CASE
§  Digunakan untuk melakukan pemilihan yang jumlahnya banyak atau bertingkat.
Ø  LOOP (Pengulangan)
§  Pengulangan sering juga disebut dengan iterasi adalah perintah program yang mengintruksi suatu tugas diulang-ulang berdasarkan kondisi tertentu


v  Do While
§  Melakukan pengulangan terus menerus selama (while) selama suatu kondisi memenuhi syarat atau bernilai True dan akan berhenti jika kondisi bernilai False

v  DO WHILE kondisi [Pernyataan]
v  Exit DO [Pernyataan]
v  LOOP
v  atau
v  DO [Pernyataan]
v  Exit DO [Pernyataan]
v  LOOP While [kondisi]
v  Do Until
§  Do Until akan menjalankan blok program didalam Loop selama kondisi yang dibandingkan tidak terpenuhi (False), akan berhenti jika memenuhi syarat(True)
v  DO Until kondisi [Pernyataan]
v  Exit DO [Pernyataan]
v  LOOP
v  atau
v  DO [Pernyataan]
v  Exit DO [Pernyataan]
v  LOOP Until [kondisi]

Ø  For…Next
§  Digunakan untuk mengulangi suatu perintah dalam jumlah yang ditentukan.

Kamis, 26 Mei 2011

Kisi-Kisi Arsitektur Komputer


JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI

1.Perkembangan computer tidak terlepas dari teknologi dasar pembangunannya, teknologi dasar secara berurutan adalah

Jawab : Peralatan mekanik, tabung hampa, transistor, IC, SSI, MSI, LSI, dan VLSI.

2.Mesin pertama yang dirancang oleh Charles Babbage (1791-1871) yang diketahui sebagai cikal bakal sebuah komputer digital dikenal dengan nama

Jawab : Difference Engine (1823)


3.Progrmer pertama yang memerkenalkan Algoritma untuk pertama kali bernama

Jawab : Augusta Ada Byron


4. Perancang Mesin pemecah persamaan linear (Linear Equation Solver) bernama

Jawab : John Atanasoff.


5. Kapan perancangan sebuah computer modern dimulai yang merupakan era komputer modern

Jawab :Tahun 1930.

6. Komputer digital pertama yang mengimplementasi perhitungan biner untuk menyelesaikan persamaan biner dikembangkan tahun

Jawab : Tahun 1937-1942.


7. Komputer digital pertama yang mengimplementasi perhitungan biner untuk menyelesaikan persamaan biner dikembangkan oleh

Jawab : Atanasoff-Berry Computer

8. Komputer Elektrik - mekanik serba guna yang dapat deprogram pertama kali dikembangkan oleh

Jawab : Konrad Zuse


9. Komputer Elektronik yang dapat di program dikembangkan oleh

Jawab : Tommy Flowers

10. Komputer Elektronik yang dapat di program dikembangkan pertama kali tahun

Jawab : Tahun 1944

11. Komputer Digital otomatis pertama dirancang pertama oleh

Jawab : Howard Aiken bekerja sama dengan IBM

12. Komputer Digital otomatis pertama dinamakan dengan
Jawab : Harvard Mark I

13. Pada komputerStored Programoperasi computer dikontrol oleh program yang disimpan di memory komputer, maksud dari stored programter sebut adalah

Jawab : Stored Program adalahtempat penyimpanan program dalam memori computer dan di eksekusi secara berurutan.

14. Beberapa komputer yang mewakili computer generasi pertama diantaranya

Jawab : 1. ENIAC (Elektronic Numerical Integrator And Computer)

2. EDVAC (Elektonic Discrete Variable Automatic Computer)

3. UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)

4. RAMAC (Random Access Method of Accounting and Control)

5. EDSAC ( Electronic Delay Storage Automatic Calculator)


15. Singkatan dari ENIAC yang benar adalah sebagai berkut

Jawab : Electronic Numerical Integrator And Computer

16.ENIAC dirancang oleh

Jawab : Dr. J. Presper Eckert & Dr. John W.Mauchly

17. ENIAC dirancang pada tahun

Jawab : Tahun 1943 dan selesai pada tahun 1945

18. Komponen Utama ENIAC terdiri dari beberapa rangkaian dasar, diantaranya

Jawab : Akumulator (Accumulator),Inisiator (Intiator),Pemrograman utama (master Programmer),Pengali ( Multiplier) Pembagi/Pencari akar Pangkat (Divider / Sequare - rooter,Gerbang ( Gate),Bufer ( Buffer),Pencetak (Printer) Unit Sinkronisasi (Cycling unit),Tabel Fungsi (Fungtion Tables)


19. Accumulator pada Eniac berfungsi untuk

Jawab : Sebagai register pemroses atau seperti CPU pada saat ini.


20. Inisiator pada Eniac berfungsi untuk

Jawab : Melakukan tugas-tugas khusus seperti menyalakan power atau mematikannya.

21. Pemrogramman utama pada Eniac berfungsi untuk

Jawab : Untuk mengendalikan eksekusi program.


22. Pengali bagian dari proses utama pada Eniac berfungsi untuk

Jawab :Melakukanoperasi perkalian per detik.


23. Gerbang pada Eniac berfungsi untuk

Jawab : Melakukan operasi lagic " AND"


24. Buffer pada Eniac berfungsi untuk

Jawab :Melakukan operasi logic "OR".

25. EDVAC sebagai kelanjutan dari ENIAC merupakan singkatan dari

Jawab : Electronic Discrete Variable Automatic Computer


26. Beberapa organisasi dasar komputer EDVAC yang digunakan untuk mengadalikan dan mengelola seluruh komponen

Jawab : Bagian Kendali (Control Unit)


27. Beberapa organisasi dasar komputer EDVAC yang digunakan untuk menterjemahkan permintaan dari bagian kendali memori adalah

Jawab ; Pengatur (Dispatcher)

28. Beberapa organisasi dasar computer EDVAC yang digunakan untuk membaca dan merekam input

Jawab : Pembaca Dan perekam (Reader And Recorder)

29. Salah satu ciri dari UNIVAC

Jawab : Memori utama terdiri dari 1000 word yang masing-masing 12 karakter,Instruksi terdiri dari 6 karakter alphanumeric, mampu melakukan 1000 Perhitungan per detik,Digit Direpresentasikan menggunakan aritmetik axcess-3 ("XS3") BCD ( Binary Coded Decimal ),Digunakan untuk aplikasi bisnis dan administrasi


30. EDSAC sebagai kelanjutan dari ENIAC dan UNIVAC merupakan singkatan dari

Jawab : Electronic delay Storage Automatic Calculator


31. EDSAC dirancang oleh

Jawab : Maurice Wilkes.

32. EDSAC dirancang dan dikembangkan pada tahun

Jawab :Tahun 1949.

33. Bahasa perogramman yang dikembangkan pada EDSAC

Jawab : Initial Order


34.Perbedaan paling mendasar computer generasi pertama sampai dengan generasi kelima adalah dari segi

Jawab ; Bentuk fisik komputer dan kecepatan pengolahan datanya


35. Terdapat tiga tipe dasar gerbang logika

Jawab : And,Or,Not

36. Masing-masing gerbang dasar logika dapat dikombinasikan satu dengan yang lainya membentuk gerbang turunan, diantaranya

Jawab : NAND (Not-And), NOR(Not-Or)


37. Gerbang NOT adalah rangkaian elektronik yang menghasilkan keluaran Bernilai kebalikan dari nilai masukan, jika input bernilai 1 maka output akan bernilai

Jawab :0

38. Gerbang NOT adalah rangkaian elektronik yang menghasilkan keluaran Bernilai kebalikan dari nilai masukan, jika input bernilai 0 maka output akan bernilai

Jawab :1

39. Gerbang AND adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai volta setinggi (1), jika kedua inputnya adalah (0 dan 0) maka outputnya adalah

Jawab : 0

40. Gerbang AND adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai volta setinggi (1), jika kedua inputnya (0 dan 1) maka outputnya adalah

Jawab : 0

41. Gerbang AND adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai volta setinggi (1), jika kedua inputnya (1 dan 0) maka outputnya adalah

Jawab :0

42. Gerbang AND adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai volta setinggi (1), jika kedua inputnya (1 dan 1) maka outputnya adalah

Jawab : 1

43. Nama Gerbang disamping adalah

Jawab :

44. Nama Gerbang disamping adalah

Jawab :


45. Nama Gerbang disamping adalah

Jawab :

46. Gerbang OR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilaivolta setinggi (1), jika kedua inputnya adalah (0 dan 0) maka outputnya adalah

Jawab : 0

47. Gerbang OR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai volta setinggi (1), jika kedua inputnya adalah (0 dan 1) maka outputnya adalah

Jawab : 1

48. Gerbang OR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai volta setinggi (1), jika kedua inputnya adalah (1 dan 0) maka outputnya adalah

Jawab :1


49. Gerbang OR adalahrangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai volta setinggi (1), jika kedua inputnya adalah (1 dan 1) maka outputnya adalah

Jawab : 1

50. Nama Gerbang disamping adalah

Jawab :

51. Gerbang NAND adalah rangkaian elektronik yang menggabungkan AND diikutigerbang NOT, jika keduai nputnya adalah (0 dan 0) maka outputnya adalah

Jawab :1


52.Gerbang NAND adalah rangkaian elektronik yang menggabungkan AND diikutigerbang NOT, jika kedua inputnya adalah (0 dan 1) maka outputnya adalah

Jawab : 1

53. Gerbang NAND adalah rangkaian elektronik yang menggabungkan AND diikutigerbang NOT, jikakedua inputnya adalah (1 dan 0) maka outputnya adalah

Jawab : 1

54. Gerbang NAND adalah rangkaian elektronik yang menggabungkan AND diikutigerbang NOT, jika kedua inputnya adalah (1 dan 1) maka outputnya adalah

Jawab : 0

55. Nama Gerbang disamping adalah

Jawab :

56. Gerbang N0R adalah rangkaian elektronik yang menggabungkan OR diikutigerbang NOT, jika kedua inputnya adalah (0 dan 0) maka outputnya adalah

Jawab : 1

57. Gerbang N0R adalah rangkaian elektronik yang menggabungkan OR diikutigerbang NOT, jika kedua inputnya adalah (0 dan 1) maka outputnya adalah

Jawab : 0

58. Gerbang N0R adalah rangkaian elektronik yang menggabungkan OR diikutigerbang NOT, jika kedua inputnya adalah (1 dan 0) maka outputnya adalah

Jawab :0

59. Gerbang N0R adalah rangkaian elektronik yang menggabungkan OR diikutigerbang NOT, jika kedua inputnya adalah (1 dan 1) maka outputnya adalah

Jawab : 0

60. Nama Gerbang disamping adalah

Jawab :

61. Gerbang XOR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai tinggi (1), jika kedua inputnya adalah (1 dan 1) maka outputnya adalah

Jawab : 0

62. Gerbang XOR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai tinggi (1), jika kedua inputnya adalah (0 dan 0) maka outputnya adalah

Jawab : 0

63. Gerbang XOR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai tinggi (1), jika kedua inputnya adalah (0 dan 1) maka outputnya adalah

Jawab :1

64. Gerbang XOR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai tinggi (1), jika kedua inputnya adalah (1 dan 0) maka outputnya adalah

Jawab : 1

65. Nama Gerbang disamping adalah

Jawab :

66. Gerbang XNOR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai rendah (0), jika kedua inputnya adalah (1 dan 0) maka outputnya adalah

Jawab : 0

67. Gerbang XNOR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai rendah (0), jika kedua inputnya adalah (0 dan 1) maka outputnya adalah

Jawab : 0

68.Gerbang XNOR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai rendah (0), jika kedua inputnya adalah (1 dan 1) maka outputnya adalah

Jawab :1

69. Gerbang XNOR adalah rangkaian elektronik yang mengeluarkan nilai rendah (0), jika kedua inputnya adalah (0 dan 0) maka outputnya adalah

Jawab :1

70.Teorema DeMorgan mengimplementasikan operasi gerbang dasar dengan gerbang alternatif, inti dari ini adalah, kecuali

Jawab :

71. Rangkaian Flip Flop adalah

Jawab : Nama umum yang di gunakan untuk rangkaian sequential yang terdiri atas beberapa gerbang logika yang menyimpan nilaidan dapat diakse melalui jalur keluarannya


72. Jika pada Flip Flop masukan SR bernilai 00 dan masukan awalnya adalah 0 maka kondisi Q (keluaran ) adalah

Jawab : 00 atau tidak berubah


73. Jika pada Flip Flop masukan SR bernilai 01 dengan kondisi sebelumnya adalah bebas maka kondisi Q (keluaran ) adalah

Jawab : 1

74. Jika pada Flip Flop masukan SR bernilai 10 dengan kondisi sebelumnya adalah bebas maka kondisi Q (keluaran ) adalah

Jawab : 1


75. Apakah pengertian kondisi pacu (race kondition) pada Rangkaian Flip Flop

Jawab : Adalah jika nilai preset dan clear tidak boleh sama-sama rendah karena akan menyebabkan kondisi pacu (Race condition)


76. MengapaFlip Flop SR jarang dibuat untuk pembuatan komponen register

Jawab :Karena Flip Flop SR mempunyai dua masukan dan dua keluaran,salah satu keluarannya berfungsi sebagai komplemen,sehingga flip flop ini di sebut rangakain dasar untuk membangkitkan sebuah variable beserta komplemennya.


77. Apakah kelemahan dari Flip Flop SR

Jawab :Tidak mempumyai fasilitas untuk mengatur agar keluaran bearada pada keadaan tertentu.


78. Apakah tujuan dari flip Flop JK master slave

Jawab :Suatu cara untuk menghindari kondisi pacu.


79. Diantara beberapa Flip Flop manakah yang cocok dijadikan selmemori

Jawab : Memori mudah menguap (Volatile),Memori tidak mudah menguap (Non Volatile)


80. Mengapa Flip Flop T disebut denganFlip Flop T (Togle)

Jawab :Karena Flip Flop T mempunyi satu masukan atau Togle.


81. Apakah yang terjadi pada Flip Flop yang memiliki pemicu detak, jika detak bernilai 0

Jawab : Akan Bernilai 0

82. Apa yang dimaksud dengan kondisi Don't care pada Flip flop

Jawab :Adanya kombinasi masukan RS dan JK yang mengandung suku abaikan (Don't Care) sehingga ada beberapa kemungkinan persaman masukkan,dalam penentuan persamaan masukkan flip flop pada umumnya lebih membutuhkkan karakteristik.


83. Apa yang dimaksud Edge Triggering pada Flip flop CK

Jawab :multivibrator yang keluarannya adalah suatu tegangan rendah atau tinggi, 0 atau 1. Keluaran ini tetap rendah atau tinggi; untuk mengubahnya, harus didrive oleh suatu masukan yang disebut pemicu (triger). Sampai datangnya pemicu, tegangan keluaran tetap rendah atau tinggi untuk selang waktu yang tak terbatas.

84. Bagaimanakah pembentukkan Flip flop SR

Jawab :Untuk mendapatkan fasilitas mengatur agar keluaran berada pada keadaan tertentu 2 gerbang NAND G3 dan G4 ,Gharus di tambahkan dengan membentuk SET RESET (SR FLIP FLOP)1 dan G2. Misalkan jika ingin menyimpan Q=1 maka untai di SET untuk membuat masukan S=1 dan R=0 Jika S=1 maka G3=0 sehingga Q=1, kondisi ini akan memaksa salah satu masukkan G2 beada pada logika =1 dengan R=0,keluaran G4=1. Gerbang G2 sekarang mempuya 2 masukkan yaitu pada logika 1 sehingga akan menghasilkan Q' = 0,sebaliknya untuk menyimpan Q=0 Untai harus di RESET dengan R=1 dan S=0 yang akan menyebabkan Q=0 dan Q'=1.

85. Bagaimanakah pembentukkanFlip flop JK

Jawab : Flip-flop JK yang diberi nama berdasarkan nama masukannya, yaitu J dan K. Flip-flop ini mengatasi kelemahan flip-flop RS, yang tidak mengizinkan pemberian masukan R=S= 1, dengan meng-AND-kan masukan dari luar dengan keluaran seperti dilakukan pada flip-flop T.


86. Bagaimanakah aliran sinyal padaFlip flop JK

Jawab : Flip Flop JK merupakan penyempurnaan dari Flip Flop R-S terutama untuk mengatasi masalah osolasi yaitu,dengan adanya umpan balik.Pada kondisi masukkan J-K berlogika satu yang akan membuat kondisi keluaran menjadi berlawanan dengan kondisi keluaran sebelumnya atau di kenal dengan istilah Toggle.Sementara untuk keluaran berdasarkan kondisi-kondisi masukkna yang lain semua sama dengan flip flop R-S.


87. Apakah yang dimaksuddengan Register

Jawab :Adalah komponen di dalam komputer yang di bangundari Flip Flop dan gerbang.

88. Dasar dari pengukuran sebuah register adalah

Jawab :Berdasarkan banyakknya BIT (Binary Digit) yang dapat di simpan.

89. Berdasarkan data yang dikelolanya register dapat dibedakan menjadi

Jawab : 1. Register Data 2. Register tujuan umum 3. Register Flowating point 4. Register Konstanta   5. Register Vektor 6. Register Tujuan khusus 7. Register yang berhubungan dengan pengaksessan memori


90. Register data berfungsi

Jawab :Untuk menyimpan bilangan integer

91. Register alamat berfungsi

Jawab :untuk menyimpan alamat yang di gunakan untk mengakses memori

92. Register tujuanumumberfungsi

Jawab :Untuk menyimpan data maupun alamat


93. Register floating point berfungsi

Jawab :Menyimpan bilangan Floating Point.


94. Register konstanta berfungsi

Jawab :Untuk menyimpan nilai yang hanya dapat di baca.


95. Register Vektor berfungsi

Jawab :Untuk menyimpan data untuk melakukan pemrosesan vektor.


96. Register tujuan khusus berfungsi

Jawab :Untuk menyimpan kondisi program termasuk dari dalamnya pencatatan program,petunjuk tumpukan dan register status.


97. Register yang berhubungan dengan pengaksessan memori contohnya adalah

Jawab :Register penyangga atau penahan


98. Terdapat dua jenis rangkaian pada register yaitu

Jawab : Rangkaian geser kiri dan geser kanan.

99. Terdapat komponen register gerbang word yang berfungsi

Jawab : Untuk Pengoperasian Boolean

100. Terdapat komponen register Multiplexe yang berfungsi

Jawab :Perutean data atau Rangkaian yang memilih satu dari beberapa jalur masukkan ke satu jalur keluaran,jalur sumber yang di teruskan ke jaur keluaran di kendalikan oleh sinyal SELECT.

101. Buku Acuan Arsitekture dan Organisasi Komputer Maman Abdurohman, ST., MT

Jawab :Betul