Rabu, 25 Mei 2011

IMK (Kisi-kisi)


No
Soal
Pilihan a
Pilihan b
Pilihan c
Pilihan d
Pilihan e
1
salah satu faktor yang ikut dirasakan dan mengembangkan interaksi manusia dan komputer adalah kecuali
multimedia
business
social psychology
technical writing
assosiasi
2
ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakuan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dengan mesin, untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah dan pembelajaran
Sofware engenerring
linguistics
multimedia
artificial intelegence
cognitive science
3
faktor yang bisa menciptkan suatu program yang efektif , efisien serta user friendly sehingga darinya dapat dihasilkan suatu mesin yang betul-betul diinginkan oleh user
software enginering
linguistics
multimedia
artificial intelegence
cognitive science
4
agar user lebih mudah menggunkana sistem itu dan tidak terjadi salah pahaman didalam menggunakannya maka faktor yang berpengaruh terhadap komunikasi antar muka adalah faktor?
software enginering
linguistics
multimedia
artificial intelegence
cognitive science
5
jendela dalam program delphi apakah yang digunakan untuk merancang antar muka dalam pemakai (tampilan yang dihadapai pemakai ketika progam dijalankan)
toolbar
jendela objek tree view
jendela formulir
jendela objek inspektor
jendela komponent pallete
6
jendela dalam program delphi apakah yang berisi komponen-kompone yang digunakan atau diletakkan pada formulir
toolbar
jendela objek tree view
jendela formulir
jendela objek inspektor
jendela komponent pallete
7
contoh alat input device adalah kecuali
keyboard
mouse
layar sentuh
pena cahaya
CPU
8
contoh alat output device adalah kecuali
layar
pemindai
printer
a,b,c benar
mouse
9
untuk memproses koleksi data yang ada. Pada pemrosesan signal dilakukan hal-hal sebagai berikut kecuali
penyaringan fitur yang ada
menerima bentuk data biometrik dari sub sistem koleksi data
mentransport data untuk keperluan pencocokan
memebedakan fitur dari data yang ada
semua jawaban salah
10
sidik jari disebut juga dengan
scanner
signal procesing
printerchord layout
dvorak layout
fingerprint
11
pada sistem biometrik sidik jari, tes dilakukan terhadap data yang dimasukkan ke alat sensor.proses yang dilakukan di antaranya adalah sebagai berikut kecuali
data yang asli
titik-titik yang ada
rincian dari data asli
grafik
semua jawaban salah
12
keuntungan dari sistem sidik jari adalah
teknologi yang canggih
dimiliki semua orang
ketelitian yang tinggi
stabilitas untuk jangka panjang
sering terjadi kesalahan
13
kerugian dari sistem sidik jari kecuali
tidak bisa digunakan oelh banyak orang
dipengaruhi oleh kondisi kulit
sensor mudah kotor
asosiasi dengan aplikasi forensik
keamananan terjamin
14
hal-hal yang dikenali untuk keperluan autentikasi adalah kecuali
dimensi
bentuk tangan
jari
program aplikasi
engsel
15
keuntungan dari sistem geometri tangan
teknologi yang canggih
tidak mengganggu
penerimaan pemakai yang tinggi
tidak ada asosiasi negatif
semua jawaban benar
16
kerugian dari sistem geometri tangan adalah
ketelitian yang rendah
biaya mahal
sulit digunakan
bila jari tangan hilang sistem tidak bisa digunakan
semua jawaban benar
17
keuntungan menggunakan sistem retina mata
teknologi yang canggih
potensi ketelitian yang tinggi
stabilitas jangka panjang
fitur yang terlindungi
semua jawaban benar
18
kerugian dari sistem retina
sulit digunakan
intrusif
faktor kesehatan
harganya mahal
semua jawaban benar
19
keluaran yang dihasilkan komputer berasal dari pengolahan data yang digolongkan kedalam empat macam bentuk kecuali
tulisan
image
suara
bentuk simbol
semua jawaban salah
20
secara umum output dapat ditampilkan dengan beberapa komponen kecuali
cathode ray tubes
LCD screens
random scan display
audio
semua jawaban salah
21
cathode ray tubes (CRT) di kelompkkan beberapa jenis kecuali
raster scan
random scan
direct view strogre tube
jawaban a,b,c benar
intrusif scan
22
kerugian cathode ray tubes (CRT) adalah kecuali
memiliki bentuk yang besar
bermasalah dengan jaggies atau efek bergerigi
pembacaan yang susah karena kontras yang rendah
jawaban a,b,c benar
proses scanning yang cepat
23
tipe dari large display screen adalah kecuali
liveboard
smart board
projection
large plasma screens
semua jawaban salah
24
keuntungan dari komputer wearable adalah sebagai berikut kecuali
bisa dibawa kemana saja
bisa melakukan interaksi dimana saja
berukuran kecil
banyak digunakan oleh mata-mata
semua jawaban salah
25
kerugian dari komputer wearable adalah
bisa dibawa kemana saja
bisa melakukan interaksi dimana saja
berukuran kecil
banyak digunakan oleh mata-mata
tidak leluasa dalam pemakaian
26
keuntungan memakai printer dot matrix adalah
harga lebih murah
bisa mencetak image
harga pita lebih murah
jawaban a,b,c benar
akses tidak cepat
27
kerugian memakai printer dot matrix adalah
harga lebih murah
bisa mencetak image
harga pita lebih murah
jawaban a,b,c benar
kualitas karakter atau image kurang baik
28
font adalah gaya teks dalam bentuk tertentu. Ada beberapa jenis font kecuali
time new roman
lucida san uncode
book antiqua
courier new
laser font
29
batas kinerja antara manusia dan komputer adalah sebagai berikut kecuali
batas komputasi
batas saluran penyimpanan
batas grafik
kapasitas jaringan
semua jawaban salah
30
posisi menggunakan komputer yang aman adalah sebagai berikut kecuali
atur meja anda
atur pencahayaan ruang kerja
buku sebaiknya diletakkan dekat komputer
keyboard dibawah meja
semua jawaban benar
31
siklus interaksi dibagi dua bagian utama yaitu eksekusi dan evaluasi. Bagian ini masih dibagi lagi menjadi beberapa komponen antara lain
melihat kondisi sistem
domain
task
intention
task analysis
32
kerangka kerja interaksi adalah kecuali
user
input
system
proses
output
33
kerangka kerja interaksi menurut donald norman kecuali
pengguna menentukan tujuan
merumuskan keinginan
menspesifikasikan aksi pada antarmuka
mengeksekusi aksi
semua jawaban salah
34
gaya interaksi berhubungan erat dengan user interface yang juga mengalami perkembangan yang sangat pesat . Ada beberapa generasi perkembangan user interface diantaranya adalah
generasi emas

antar muka sistem berkelompk
point and click
antar muka command line interface
generasi menus
35
generasi perkembangan user interface diantaranya kecuali
antarmuka sistem berkelompok
antarmuka berorientasikan baris perintah
antar muka full screen
antarmuka pengguna grafik
semua jawaban salah
36
untuk mengukur daya guna suatu produk bisa dilakukan dengan hal sebagai berikut kecuali
pembelajaran
keefisienan
kemampuan mengingat
kadar kesalahan
semua jawaban salah
37
terdapat banyak prinsip atau panduan untuk merekayasa bentuk user interface antara lain
dialog yang sederhana
berbicara dengan bahasa user
mengurangi beban ingatan user
konsisten
semua jawaban benar
38
pesan kesalahan (error message) memainkan peran penting. Terdapat beberapa peraturan yang harus diikuti dalam penggunaan pesan kesalahan antara lain
pesan yang harus disampaikan harus panjang
pesan yang disampaikan harus lancang
pesan yang disampaikan harus bersifat khusus, tidak bersifat umum
pesan yang disampaikan rancu
semua jawaban benar
39
prototyping yaitu membangun suatu prototipe seperti hal-hal berikut kecuali
penjelasan verbal
prototipe diatas kertas
kerja dan prototipe
implementasi dari final desain
semua jawaban salah
40
follow-up studies merupakan suatu hal yang sangat penting sehubungan dengan data dari kinerja sistem demi perbaikan versi berikutnya, yaitu dengan melakukan hal sebagai berikut kecuali
studi dengan cara wawancara
studi pasar tentang apa orang tentang sistem yang dibangun
intsrumentasi software
menganalisis keluhan user, permintaan, dan laporan adanyan bug.
semua jawaban salah
41
user bisa diklasifikasikan menjadi beberapa bagian kecuali
pengalaman
tingkat pendidikan
berat badan
umur
statistik pengguna sistem yang sudah ditraining
42
riset merupakan kerangka acuan untuk mendesain suatu perangkat lunak. Oleh karena itu perlu dilakukan wawancara terhadap
staf proyek
subject matter
pelanggan
jawaban a,b,c benar
developer
43
mewawancarai staf proyek dengan tatap muka dilakukan dengan tujuan menemukan hal-hal berikut kecuali
visi produk
anggaran belanja dan jadwal
teknik yang digunakan
persepsi tentang siapa penggunanya
semua jawaban salah
44
menganalisa produk kompetitif dan heuristical interface dan target dari daya guna interface yang akan dibangun. Analisis kompetitif persaingan sistem seperti?
menentukan kondisi dan memutuskan sejauh mana akan mengembangkan produk
mengawasi produk
menyimpan produk
mencek program
memelihara program
45
agar proses desain interaksi dapat mencapai suatu tujuan maka harus dilakukan hal-hal sebagai berikut kecuali
wawancara user
menjelaskan tujuan
membuat skenario yang jelas
solusi desain
semua jawaban salah
46
yang termasuk siklus hidup perangkat lunak adalah sebagai berikut kecuali
requirments definition
system and software design
implementation and unit testing
integration and system testing
aplication programming
47
tahap mengumpulkan apa yang dibutuhkan secara lengkap untuk kemudian dianalisa guna mendefinisikan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh program yang akan dibangun. Tahap ini merupakan tahap?
requirments definition
system and software design
implementation and unit testing
integration and system testing
operation and maintenance
48
pengumpulan data sudah lengkap maka desain kemudian dikerjakan. Ini merupakan tahap?
requirments definition
system and software design
implementation and unit testing
integration and system testing
operation and maintenance
49
desain program diterjemahkan kedalam bentuk kode-kode dengan menggunakan bahasa pemograman yang sudah ditentukan. Program yang dibangun langsung diuji secara unit apakah sudah bekerja dengan baik. Tahap ini merupakan tahap?
requirments definition
system and software design
implementation and unit testing
integration and system testing
operation and maintenance
50
penyatuan unit-unit program untuk kemudian diuji secara kesuluruhan merupakan tahap?
requirments definition
system and software design
implementation and unit testing
integration and system testing
operation and maintenance
51
mengoperasikan program dilingkungan nya dan melakukan pemeliharaan, seperti penyesuaian atau perubahan untuk adaptasi dengan situasi yang sebenarnya, merupakan tahap?
requirments definition
system and software design
implementation and unit testing
integration and system testing
operation and maintenance
52
ada dua bagian aturan desain yaitu standard dan guidelines (garis pedoman).  Yang mencakup aturan standard adalah sebagai berikut kecuali
standard suatu desain selalu ditentukan oleh organisasi nasional
standard memerlukan teori mendasar
standard perangkat keras berdasarkan pada faktor fisiologi atau ergonomi
standard perangkat lunak berdasarkan pada faktor psikologi dan teori kognitif
semua jawaban salah
53
dasar pemikiran desain adalah kecuali
komunikasi melalui siklus hidup
pelaksanaan disiplin desain
mengorganisasikan ruang besar desain potensial
menangkap informasi kontekstual
memelihara program
54
teknik-teknik dasar pemikiran desain antara lain kecuali
dasar dari banyak riset dasar pemikiran desain
berorientasi proses
struktur hierarki dari isu-isu dengan satu akar isu
argumen memodifikasi hubungan diantara posisi dan isu
semua jawaban salah
55
suatu aplikasi berbasis grafik biasanya memiliki menu kecuali
button
menu
check box
radio button
authority
56
menu yang terdapat menu beberapa pilihan bagi user untuk membuka, menyimpan, mencetak, dan sebagainya namanya adalah?
file menu
edit menu
window menu
help menu
optional menu
57
menu yang berisi fasilitas-fasilitas untuk melakukan editing, seperti memotong, membatalkan perintah, menempelkan dan sebagainya berada pada menu?
file menu
edit menu
window menu
help menu
optional menu
58
menu yang berfungsi untuk membuka window baru, mengatur penampilan window, dan berpindah dari window yang satu kewindow lainnya berada pada menu
file menu
edit menu
window menu
help menu
optional menu
59
menu yang berisi petunjuk pemakaian dan penjelasan segala kegunaan dan fungsi dari program tersebut berada pada menu?
file menu
edit menu
window menu
help menu
optional menu
60
jika proyek tidak direncanakan terlebih dahulu. Beberapa hal berikut akan terjadi kecuali
banyak kode, sedikit fitur
banyak bug
banyak waktu akan dihabiskan
kehilangan fitur
tampilan bagus
61
untuk mendapatkan program yang baik perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut kecuali
perencanaan
pengumpulan kebutuhan
pengujian
evaluasi
penambahan software
62
pada model user requirement yang berhubungan dengan kebutuhan user adalah kecuali
socio-techical model
soft-system methodology
partipatory design
cognitive model
arsitektur model
63
model yang merepresentasikan user sistem interaktif disebut apa
socio-techical model
soft-system methodology
partipatory design
cognitive model
arsitektur model
64
model yang mempersatukan user secara langsung dengan proses desain disebut apa
socio-techical model
soft-system methodology
partipatory design
cognitive model
arsitektur model
65
model yang memperhatikan isue-isue yang ada di seputar manusia dan organisasi disebut apa
socio-techical model
soft-system methodology
partipatory design
cognitive model
arsitektur model
66
model yang mewakili manusia dan persyaratan teknis disebut apa
socio-techical model
soft-system methodology
partipatory design
cognitive model
arsitektur model
67
analisis tugas digunakan untuk kecuali
manual dan pengajaran
menangkap kebutuhan dan merancang sistem
merancang antar muka detail
jawaban a,b,c benar
jawaban a,b,c salah
68
teknik analisis tugas dibagi menjadi beberapa bagian kecuali
dekomposisi tugas
analisis berbasis pengetahuan
teknik berbasis relasi entitas
jawaban a,b,c benar
jawaban a,b,c salah
69
makna dari percakapan yang berhubungan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer disebut ?
semantik
sintaktik
leksikal
persuasif
edukasi
70
urutan dan struktur input dari output, yang mana bahasa manusia ekuivalen dengan tata bahasa dari suatu kalimat disebut apa
semantik
sintaktik
leksikal
persuasif
edukasi
71
bentuk ikon pada layar, tombol, tombol yang ditekan, dengan bahasa manusia ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata sisebut apa?
semantik
sintaktik
leksikal
persuasif
edukasi
72
klasifikasi kesalahan merupakan suatu aksi yang berlawanan dengan aksi yang sebenarnya. Suatu aksi yang diambil berdasarkan keputusan yang salah, contoh menggeser ikon hardisk ke recycle bin yang berarti menghapus semua file dalam hardisk disebut apa
mistakes
slips
capture error
data driven error
associative-activation error
73
kesalahan yang tidak disengaja disebut
mistakes
slips
capture error
data driven error
associative-activation error
74
kesalahan karena terlalu sering atau kebiasaan disebut
mistakes
slips
capture error
data driven error
associative-activation error
75
kesalahan dalam melakukan aksi pada objek yang salah disebut
mistakes
slips
capture error
description error
associative-activation error
76
kesalahan karena pengaruh data yang ada didalam pikiran user saat itu  disebut
mistakes
slips
capture error
description error
associative-activation error
77
kesalahan karena lupa apa yang harus dilakukan disebut
mode error
slips
capture error
description error
associative-activation error
78
pada analisis data terdapat beberapa jenis tes antara lain kecuali
parametrik
non-parametrik
tabel kontingensi
jawaban a,b,c benar
jawaban a,b,c salah
79
diasumsikan berdistribusi normal dan tetap dapat bekerja  serta berdaya guna dalam berbagai kondisi disebut apa
parametrik
non-parametrik
tabel kontingensi
linier
regresi
80
distribusinya diasumsikan tidak berdistribusi normal, kurang berdaya guna tetapi lebih handal
parametrik
non-parametrik
tabel kontingensi
linier
regresi
81
teks yang mempunyai kaitan ke dokumen lain atau memungkinkan suatu teks pendek menjadi acuan untuk membuka dokumen lain disebut?
hiperteks
hipermedia
hiperbola
hiper
hiperteks linier
82
analisis protokol merupakan metode untuk merekam aksi-aksi yang dilakukan user dengan menggunakan beberapa peralatan seperti kecuali
audio recording
video recording
computer logging
notebook
memory
83
ada beberapa faktor yang membedakan teknik evaluasi yang membantu dalam memilih teknik yang sesuai antara lain
pengolahan data
basis data
tingkat siklus
system pakar
kompilator
84
dalam metode evaluasi, evaluasi pada tingkat perancangan hanya membutuhkan ahlinya dan akan dianalisa sedangkan evaluasi pada tingkat imlementasi menjadikan user sebagai subjek eksperimen. Metode evaluasi ini disebut juga dengan
design vs implementation
laboratory vs field studies
subjektif vs objektif
qualitative vs quantitative measures
instrusiveness
85
metode evaluasi yang membahas merancang dua jenis evaluasi dimana pada aktifitas dilaboratorium merupakan awal tingkatan sedangkan studi lapangan ditempatkan pada tingkat implementasi metode ini disebut juga
design vs implementation
laboratory vs field studies
subjektif vs objektif
qualitative vs quantitative measures
instrusiveness
86
metode evaluasi yang membahas teknik subjektif seperti pada cognitive walkthrough maupun think aloud, yang memercayakan hasilnya pada evaluator atau orang yang melakukan evaluasi. Metode evaluasi ini disebut dengan
design vs implementation
laboratory vs field studies
subjektif vs objektif
qualitative vs quantitative measures
instrusiveness
87
metode evaluasi yang membahas pengukuran menggunakan numerik lebih mudah dilakukan daripada dengan teknik statistik sedangkan pengukuran non-numerik lebih sulit dilakukan namun akan menghasilkan sesuatu yang penting secara lebih lengkap. Ini merupakan metode evaluasi
design vs implementation
laboratory vs field studies
subjektif vs objektif
qualitative vs quantitative measures
instrusiveness
88
yang perlu dilakukan dalam mendesain window kecuali
desain judul window
modalitiy
desain border
warna window
font window
89
mekanisme saat window menerima data data dari input drive kecuali
document window
aplication window
utility window
multiple window
jawaban a,b,c benar
90
dibawah ini merupakan alat input pada perangkat keras kecuali
monitor
mouse
bar code reader
scanner
keyboard
91
dibawah ini merupakan alat output pada perangkat keras kecuali
printer
keyboard
speaker audio
LCD
monitor
92
bahasa pemograman yang masih berbentuk teks hasil outputnya adalah
delphi
pascal
visual basic
visual foxpro
visual c++
93
program yang digunakan untuk mengontrol cpu dan hardware adalah
MS-excel
ms-windows
ms-access
pascal
cobol
94
sejumlah pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu pilihan yang tersedia yang ditandai dengan tanda tertentu adalah
tombol tekan
combobox
check box
tombol radio
radio botton
95
aspek penting yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan kenyamanan pekerjaan adalah kecuali
aspek  ergonomik
kualitas udara
pencahayaan
jenis komputer
posisi gedung
96
prosedure untuk memulai menggunakan grafik adalah
close graph
open graph
init graph
set graph
graph
97
berisi kode dan data yang diperlukan supaya graik dapat ditampilkan kelayar
grafik driver
vga card
gui
program
system
98
media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan satu perintah kepada komputer adalah definisi
program
aplikasi
system
interface
semua jawaban salah
99
media bentuk sederhana dialog antara manusia  dan komputer  yang kurang menarik karena berisi teks adalah
media gambar
media tekstual
media GUI
media aplikasi
media window
100
model sistem antar muka antara lain kecuali
peranti keluaran
peranti masukan
pengontrol keluaran
pengontrol masukan
intelektual
101
ragam dialog interaktif dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian antara lain kecuali
dialog berbasis perintah tunggal
dialog berbasis bahasa pemograman
keseimbangan
antarmuka berbasis ikon
manipulasi langsung
102
karakteristik ragam dialog interaktif yang perlu dimiliki oleh setiap ragam dialog adalah kecuali
inisiatif
keluwesan
kompleksitas
kekuatan
saraf
103
disebut apakah sifat dasar dari sembarang dialog
inisiatif
keluwesan
kompleksitas
kekuatan
beban informasi
104
disebut apakah atribut untuk membantu pengguna dalam mengembangkan mentalitas yang diperlukan dalam pengoperasian sistem komputer.
inisiatif
konsistensi
kompleksitas
kekuatan
beban informasi
105
disebut apakah membuat antar muka lebih dari apa yang diperlukan, karena tidak ada keuntungan yang dapat diperoleh, malahan akan menjadikan implementasinya menjadi lebih sukar
inisiatif
konsistensi
kompleksitas
kekuatan
beban informasi
106
disebut apakah jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh pengguna
inisiatif
konsistensi
kompleksitas
kekuatan
beban informasi
107
disebut apakah ragam dialog yang terjadi antara komputer dengan manusia lebih menitik beratkan pada penyajian informasi yang dihasilkan komputer kepada pengguna.
inisiatif
konsistensi
kompleksitas
kekuatan
beban informasi
108
disebut apakah ketika sebuah program aplikasi sedang dijalankan, pengguna seringkali harus menunggu sampai komputer menampilkan hasil yang ia inginkan.
umpan balik
konsistensi
kompleksitas
kekuatan
beban informasi
109
disebut apakah sistem itu berfungsi secara benar dan nampak sederhana bagi pengguna, meskipun sesungguhnya pengolahan secara internalnya sangat rumit
observabilitas
konsistensi
kompleksitas
kekuatan
beban informasi
110
disebut apakah kebalikan dari observabilitas
kontrolabilitas
konsistensi
kompleksitas
kekuatan
beban informasi
111
disebut apakah strategi yang diambil dalam perancangan sembarang sistem manusia -komputer haruslah dapat membagi-bagi pekerjaan antara manusia dan komputer seoptimal mungkin .
keseimbangan
konsistensi
kompleksitas
kekuatan
beban informasi
112
keuntungan penggunaan dialog berbasis perintah tunggal antara lain kecuali
cepat
efisien
akurat
ringkas
membutuhkan penggunaan yang teratur
113
kerugian penggunaan dialog berbasis perintah tunggal antara lain kecuali
memerlukan pelatihan yang lama
membutuhkan penggunaan yang teratur
beban ingatan yang tinggi
luwes
jelek dalam menangani kesalahan
114
beberapa saran yang perlu dipertimbangkan untuk meminimalkan beban ingatan dan kesalahan pengetikan antara lain kecuali
pilihlah kata kunci yang mudah diingat
gunakan format perintah yang konsisten
gunakan untaian kata yang pendek
tambahkan fasilitas bantuan
dekatkan mata kemonitor
115
keuntungan penggunaan antar muka berbasis bahasa alami kecuali
tidak memerlukan sintaks khusus
luwes dan powerful
alamiah
merupakan inisiatif campuran
mempunyai dualisme
116
kerugian penggunaan antar muka berbasis bahasa alami kecuali
bertele-tele
tidak presis
tidak efisien
perancangan perangkat lunak yang rumit
alamiah
117
keuntungan mengunakan sistem menu kecuali
memerlukan sedikit pengetikan
beban memori rendah
strukturnya terdefinisikan dengan baik
perancangan yang mudah
sering kali lambata
118
kerugian mengunakan sistem menu kecuali
tidak cocok untuk dialog terinisiasi campuran
tidak cocok untuk dialog terinisiasi pengguna
tidak cocok untuk aktifitas pemasukan data
memakan ruang layar
perancangan yang mudah
119
disebut apakah adanya pembatasan agar pengguna tidak dapat mengakses semua tampilan yang ada dilayar
proteksi tampilan
batasan medan tampilan
isi medan
mendan opsional
default
120
disebut apakah medan data yang ditentukan untuk mempunyai panjang yang tetap atau berubah, menggunaka format bebas atau tertentu
proteksi tampilan
batasan medan tampilan
isi medan
mendan opsional
default
121
disebut apakah mempunyai sejumlah gambaran tentang isi medan yang diperbolehkan. Petunjuk pengisian dapat juga ditampilkan sebagai bagian dari tampilan
proteksi tampilan
batasan medan tampilan
isi medan
mendan opsional
default
122
disebut apakah dapat dinyatakan secara tekstual atau menggunakan aturan tertentu seperti penggunaan warna berintensitas rendah, warna tampilan yang berbeda beda.
proteksi tampilan
batasan medan tampilan
isi medan
mendan opsional
default
123
disebut apakah dalam medan isian dimungkinkan adanya nilai default
proteksi tampilan
batasan medan tampilan
isi medan
mendan opsional
default
124
kursor dapat digerakkan di sekeliling layar menggunakan tombol TAB  untuk urutan yang tetap merupakan defenisi dari
navigasi
batasan medan tampilan
isi medan
mendan opsional
default
125
masukan data dalam medan dapat diakhiri dengan jalan menekan tombol enter atau return aau mengisi karakter  terakhir dengan karakter  tertentu  atau dengan cara berpindah kemedan lain merupakan definisi dari
medan penghentian
batasan medan tampilan
isi medan
mendan opsional
default
126
keuntungan dari penggunaan dialog berbasis pengisian borang kecuali
pengguna sudah terbiasa dengan pengisian borang
isian data yand disederhanakan
diperlukan sedikit pelatihan
beban memori rendah
seringkali lambat
127
kerugian dari penggunaan dialog berbasis pengisian borang kecuali
memakai ruang layar
seringkali lambat
tidak cocok untuk pemilihan perintah
memerlukan pengontrol kursor
tersedia berbagai peranti bantu perancangan tampilan
128
sistem penjendelaan seorang pengguna dapat menampilkan  sejumlah informasi yang berbeda pada masing-masing jendela merupakan definisi dari
penampilan lebih banyak informasi
pengaksesan banyak sumber informasi
pengkombinasian berbagai sumber informasi
pengontrolan bebas atas sejumlah program
penyajian jamak
129
sistem dapat menampilkan sejumlah informasi berbeda, masing-masing pada jendela yang berbeda, pada saat yang sama disebut apa
penampilan lebih banyak informasi
pengaksesan banyak sumber informasi
pengkombinasian berbagai sumber informasi
pengontrolan bebas atas sejumlah program
penyajian jamak
130
pengguna dapat mengakses berbagai informasi dari berbagai sumbernya merupakan definisi
penampilan lebih banyak informasi
pengaksesan banyak sumber informasi
pengkombinasian berbagai sumber informasi
pengontrolan bebas atas sejumlah program
penyajian jamak
131
jendela-jendela yang ada didalam suatu sistem penjendelaan ,khususnya yang menggunakan jendela dua dimensi dan dua setengah  dimensi merupakan definisi
penampilan lebih banyak informasi
pengaksesan banyak sumber informasi
pengkombinasian berbagai sumber informasi
pengontrolan bebas atas sejumlah program
penyajian jamak
132
keuntungan penggunaan dialog berbasis manipulasi langsung kecuali
mempunyai analog yang jelas
mengurangi waktu pembelajaran
memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata
penampilan visual yang bagus
memerlukan program yang rumit dan berukuran besar
133
kerugian penggunaan dialog berbasis manipulasi langsung kecuali
mudah dioperasikan
memerlukan program yang rumit dan berukuran besar
memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi
memerlukan piranti masukan
memerlukan perancangan tampilan dengan kualitas tertentu
134
dukumentasi rancangan dapat dikerjakan atau dilakukan dengan cara kecuali
membuat sketsa pada kertas
menggunakan piranti prototipe
menuliskan tekstual yang menjelaskan tentang kaitan antara satu jendela dengan jendela lainnya
menggunakan piranti bantu
menghubungkan ke CPU
135
pada perancangan tampilan untuk antarmuka berbasis teks, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan antara lain kecuali
urutan penyajian
kelonggaran
pengelompokan
relevansi
pengecualian
136
keuntungan ya yang dapat diperoleh dengan adanya tombol fungsi antara lain kecuali
mengurangi beban ingatan
mudah dipelajari
kecepatan yang lebih tinggi
mengurangi kesalahan
dapat dimodifikasi
137
pekerjaan yang  daoat dikatatakan berkebalikan dengan pemasukan data dalam hal ini karakteristik bebannya disebut juga dengan
akuisisi data
data kontrol
data image
system pakar
semua salah
138
ragam interaktif dari pemanfaatan layar tampilan mempunyai variasi sangat banyak disebut juga dengan
akuisisi data
data kontrol
pekerjaan interaktif
system pakar
semua salah
139
pengendalian cahaya yang berasal dari berbagai sumber cahaya memerlukan perhatian pada kecuali
perancangan lighting fixtures
penutup jendela
penempatan lighting fictures
faktor refleksitas
faktor  keyboard
140
kepanjangan GUI
graphical user interface
graph user interface
graphical user iface
graphical use interface
graphical user interfaces


Tidak ada komentar: