No | Soal | Pilihan a | Pilihan b | Pilihan c | Pilihan d | Pilihan e |
1 | salah satu faktor yang ikut dirasakan dan mengembangkan interaksi manusia dan komputer adalah kecuali | multimedia | business | social psychology | technical writing | assosiasi |
2 | ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakuan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dengan mesin, untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah dan pembelajaran | Sofware engenerring | linguistics | multimedia | artificial intelegence | cognitive science |
3 | faktor yang bisa menciptkan suatu program yang efektif , efisien serta user friendly sehingga darinya dapat dihasilkan suatu mesin yang betul-betul diinginkan oleh user | software enginering | linguistics | multimedia | artificial intelegence | cognitive science |
4 | agar user lebih mudah menggunkana sistem itu dan tidak terjadi salah pahaman didalam menggunakannya maka faktor yang berpengaruh terhadap komunikasi antar muka adalah faktor? | software enginering | linguistics | multimedia | artificial intelegence | cognitive science |
5 | jendela dalam program delphi apakah yang digunakan untuk merancang antar muka dalam pemakai (tampilan yang dihadapai pemakai ketika progam dijalankan) | toolbar | jendela objek tree view | jendela formulir | jendela objek inspektor | jendela komponent pallete |
6 | jendela dalam program delphi apakah yang berisi komponen-kompone yang digunakan atau diletakkan pada formulir | toolbar | jendela objek tree view | jendela formulir | jendela objek inspektor | jendela komponent pallete |
7 | contoh alat input device adalah kecuali | keyboard | mouse | layar sentuh | pena cahaya | CPU |
8 | contoh alat output device adalah kecuali | layar | pemindai | printer | a,b,c benar | mouse |
9 | untuk memproses koleksi data yang ada. Pada pemrosesan signal dilakukan hal-hal sebagai berikut kecuali | penyaringan fitur yang ada | menerima bentuk data biometrik dari sub sistem koleksi data | mentransport data untuk keperluan pencocokan | memebedakan fitur dari data yang ada | semua jawaban salah |
10 | sidik jari disebut juga dengan | scanner | signal procesing | printerchord layout | dvorak layout | fingerprint |
11 | pada sistem biometrik sidik jari, tes dilakukan terhadap data yang dimasukkan ke alat sensor.proses yang dilakukan di antaranya adalah sebagai berikut kecuali | data yang asli | titik-titik yang ada | rincian dari data asli | grafik | semua jawaban salah |
12 | keuntungan dari sistem sidik jari adalah | teknologi yang canggih | dimiliki semua orang | ketelitian yang tinggi | stabilitas untuk jangka panjang | sering terjadi kesalahan |
13 | kerugian dari sistem sidik jari kecuali | tidak bisa digunakan oelh banyak orang | dipengaruhi oleh kondisi kulit | sensor mudah kotor | asosiasi dengan aplikasi forensik | keamananan terjamin |
14 | hal-hal yang dikenali untuk keperluan autentikasi adalah kecuali | dimensi | bentuk tangan | jari | program aplikasi | engsel |
15 | keuntungan dari sistem geometri tangan | teknologi yang canggih | tidak mengganggu | penerimaan pemakai yang tinggi | tidak ada asosiasi negatif | semua jawaban benar |
16 | kerugian dari sistem geometri tangan adalah | ketelitian yang rendah | biaya mahal | sulit digunakan | bila jari tangan hilang sistem tidak bisa digunakan | semua jawaban benar |
17 | keuntungan menggunakan sistem retina mata | teknologi yang canggih | potensi ketelitian yang tinggi | stabilitas jangka panjang | fitur yang terlindungi | semua jawaban benar |
18 | kerugian dari sistem retina | sulit digunakan | intrusif | faktor kesehatan | harganya mahal | semua jawaban benar |
19 | keluaran yang dihasilkan komputer berasal dari pengolahan data yang digolongkan kedalam empat macam bentuk kecuali | tulisan | image | suara | bentuk simbol | semua jawaban salah |
20 | secara umum output dapat ditampilkan dengan beberapa komponen kecuali | cathode ray tubes | LCD screens | random scan display | audio | semua jawaban salah |
21 | cathode ray tubes (CRT) di kelompkkan beberapa jenis kecuali | raster scan | random scan | direct view strogre tube | jawaban a,b,c benar | intrusif scan |
22 | kerugian cathode ray tubes (CRT) adalah kecuali | memiliki bentuk yang besar | bermasalah dengan jaggies atau efek bergerigi | pembacaan yang susah karena kontras yang rendah | jawaban a,b,c benar | proses scanning yang cepat |
23 | tipe dari large display screen adalah kecuali | liveboard | smart board | projection | large plasma screens | semua jawaban salah |
24 | keuntungan dari komputer wearable adalah sebagai berikut kecuali | bisa dibawa kemana saja | bisa melakukan interaksi dimana saja | berukuran kecil | banyak digunakan oleh mata-mata | semua jawaban salah |
25 | kerugian dari komputer wearable adalah | bisa dibawa kemana saja | bisa melakukan interaksi dimana saja | berukuran kecil | banyak digunakan oleh mata-mata | tidak leluasa dalam pemakaian |
26 | keuntungan memakai printer dot matrix adalah | harga lebih murah | bisa mencetak image | harga pita lebih murah | jawaban a,b,c benar | akses tidak cepat |
27 | kerugian memakai printer dot matrix adalah | harga lebih murah | bisa mencetak image | harga pita lebih murah | jawaban a,b,c benar | kualitas karakter atau image kurang baik |
28 | font adalah gaya teks dalam bentuk tertentu. Ada beberapa jenis font kecuali | time new roman | lucida san uncode | book antiqua | courier new | laser font |
29 | batas kinerja antara manusia dan komputer adalah sebagai berikut kecuali | batas komputasi | batas saluran penyimpanan | batas grafik | kapasitas jaringan | semua jawaban salah |
30 | posisi menggunakan komputer yang aman adalah sebagai berikut kecuali | atur meja anda | atur pencahayaan ruang kerja | buku sebaiknya diletakkan dekat komputer | keyboard dibawah meja | semua jawaban benar |
31 | siklus interaksi dibagi dua bagian utama yaitu eksekusi dan evaluasi. Bagian ini masih dibagi lagi menjadi beberapa komponen antara lain | melihat kondisi sistem | domain | task | intention | task analysis |
32 | kerangka kerja interaksi adalah kecuali | user | input | system | proses | output |
33 | kerangka kerja interaksi menurut donald norman kecuali | pengguna menentukan tujuan | merumuskan keinginan | menspesifikasikan aksi pada antarmuka | mengeksekusi aksi | semua jawaban salah |
34 | gaya interaksi berhubungan erat dengan user interface yang juga mengalami perkembangan yang sangat pesat . Ada beberapa generasi perkembangan user interface diantaranya adalah | generasi emas | antar muka sistem berkelompk | point and click | antar muka command line interface | generasi menus |
35 | generasi perkembangan user interface diantaranya kecuali | antarmuka sistem berkelompok | antarmuka berorientasikan baris perintah | antar muka full screen | antarmuka pengguna grafik | semua jawaban salah |
36 | untuk mengukur daya guna suatu produk bisa dilakukan dengan hal sebagai berikut kecuali | pembelajaran | keefisienan | kemampuan mengingat | kadar kesalahan | semua jawaban salah |
37 | terdapat banyak prinsip atau panduan untuk merekayasa bentuk user interface antara lain | dialog yang sederhana | berbicara dengan bahasa user | mengurangi beban ingatan user | konsisten | semua jawaban benar |
38 | pesan kesalahan (error message) memainkan peran penting. Terdapat beberapa peraturan yang harus diikuti dalam penggunaan pesan kesalahan antara lain | pesan yang harus disampaikan harus panjang | pesan yang disampaikan harus lancang | pesan yang disampaikan harus bersifat khusus, tidak bersifat umum | pesan yang disampaikan rancu | semua jawaban benar |
39 | prototyping yaitu membangun suatu prototipe seperti hal-hal berikut kecuali | penjelasan verbal | prototipe diatas kertas | kerja dan prototipe | implementasi dari final desain | semua jawaban salah |
40 | follow-up studies merupakan suatu hal yang sangat penting sehubungan dengan data dari kinerja sistem demi perbaikan versi berikutnya, yaitu dengan melakukan hal sebagai berikut kecuali | studi dengan cara wawancara | studi pasar tentang apa orang tentang sistem yang dibangun | intsrumentasi software | menganalisis keluhan user, permintaan, dan laporan adanyan bug. | semua jawaban salah |
41 | user bisa diklasifikasikan menjadi beberapa bagian kecuali | pengalaman | tingkat pendidikan | berat badan | umur | statistik pengguna sistem yang sudah ditraining |
42 | riset merupakan kerangka acuan untuk mendesain suatu perangkat lunak. Oleh karena itu perlu dilakukan wawancara terhadap | staf proyek | subject matter | pelanggan | jawaban a,b,c benar | developer |
43 | mewawancarai staf proyek dengan tatap muka dilakukan dengan tujuan menemukan hal-hal berikut kecuali | visi produk | anggaran belanja dan jadwal | teknik yang digunakan | persepsi tentang siapa penggunanya | semua jawaban salah |
44 | menganalisa produk kompetitif dan heuristical interface dan target dari daya guna interface yang akan dibangun. Analisis kompetitif persaingan sistem seperti? | menentukan kondisi dan memutuskan sejauh mana akan mengembangkan produk | mengawasi produk | menyimpan produk | mencek program | memelihara program |
45 | agar proses desain interaksi dapat mencapai suatu tujuan maka harus dilakukan hal-hal sebagai berikut kecuali | wawancara user | menjelaskan tujuan | membuat skenario yang jelas | solusi desain | semua jawaban salah |
46 | yang termasuk siklus hidup perangkat lunak adalah sebagai berikut kecuali | requirments definition | system and software design | implementation and unit testing | integration and system testing | aplication programming |
47 | tahap mengumpulkan apa yang dibutuhkan secara lengkap untuk kemudian dianalisa guna mendefinisikan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh program yang akan dibangun. Tahap ini merupakan tahap? | requirments definition | system and software design | implementation and unit testing | integration and system testing | operation and maintenance |
48 | pengumpulan data sudah lengkap maka desain kemudian dikerjakan. Ini merupakan tahap? | requirments definition | system and software design | implementation and unit testing | integration and system testing | operation and maintenance |
49 | desain program diterjemahkan kedalam bentuk kode-kode dengan menggunakan bahasa pemograman yang sudah ditentukan. Program yang dibangun langsung diuji secara unit apakah sudah bekerja dengan baik. Tahap ini merupakan tahap? | requirments definition | system and software design | implementation and unit testing | integration and system testing | operation and maintenance |
50 | penyatuan unit-unit program untuk kemudian diuji secara kesuluruhan merupakan tahap? | requirments definition | system and software design | implementation and unit testing | integration and system testing | operation and maintenance |
51 | mengoperasikan program dilingkungan nya dan melakukan pemeliharaan, seperti penyesuaian atau perubahan untuk adaptasi dengan situasi yang sebenarnya, merupakan tahap? | requirments definition | system and software design | implementation and unit testing | integration and system testing | operation and maintenance |
52 | ada dua bagian aturan desain yaitu standard dan guidelines (garis pedoman). Yang mencakup aturan standard adalah sebagai berikut kecuali | standard suatu desain selalu ditentukan oleh organisasi nasional | standard memerlukan teori mendasar | standard perangkat keras berdasarkan pada faktor fisiologi atau ergonomi | standard perangkat lunak berdasarkan pada faktor psikologi dan teori kognitif | semua jawaban salah |
53 | dasar pemikiran desain adalah kecuali | komunikasi melalui siklus hidup | pelaksanaan disiplin desain | mengorganisasikan ruang besar desain potensial | menangkap informasi kontekstual | memelihara program |
54 | teknik-teknik dasar pemikiran desain antara lain kecuali | dasar dari banyak riset dasar pemikiran desain | berorientasi proses | struktur hierarki dari isu-isu dengan satu akar isu | argumen memodifikasi hubungan diantara posisi dan isu | semua jawaban salah |
55 | suatu aplikasi berbasis grafik biasanya memiliki menu kecuali | button | menu | check box | radio button | authority |
56 | menu yang terdapat menu beberapa pilihan bagi user untuk membuka, menyimpan, mencetak, dan sebagainya namanya adalah? | file menu | edit menu | window menu | help menu | optional menu |
57 | menu yang berisi fasilitas-fasilitas untuk melakukan editing, seperti memotong, membatalkan perintah, menempelkan dan sebagainya berada pada menu? | file menu | edit menu | window menu | help menu | optional menu |
58 | menu yang berfungsi untuk membuka window baru, mengatur penampilan window, dan berpindah dari window yang satu kewindow lainnya berada pada menu | file menu | edit menu | window menu | help menu | optional menu |
59 | menu yang berisi petunjuk pemakaian dan penjelasan segala kegunaan dan fungsi dari program tersebut berada pada menu? | file menu | edit menu | window menu | help menu | optional menu |
60 | jika proyek tidak direncanakan terlebih dahulu. Beberapa hal berikut akan terjadi kecuali | banyak kode, sedikit fitur | banyak bug | banyak waktu akan dihabiskan | kehilangan fitur | tampilan bagus |
61 | untuk mendapatkan program yang baik perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut kecuali | perencanaan | pengumpulan kebutuhan | pengujian | evaluasi | penambahan software |
62 | pada model user requirement yang berhubungan dengan kebutuhan user adalah kecuali | socio-techical model | soft-system methodology | partipatory design | cognitive model | arsitektur model |
63 | model yang merepresentasikan user sistem interaktif disebut apa | socio-techical model | soft-system methodology | partipatory design | cognitive model | arsitektur model |
64 | model yang mempersatukan user secara langsung dengan proses desain disebut apa | socio-techical model | soft-system methodology | partipatory design | cognitive model | arsitektur model |
65 | model yang memperhatikan isue-isue yang ada di seputar manusia dan organisasi disebut apa | socio-techical model | soft-system methodology | partipatory design | cognitive model | arsitektur model |
66 | model yang mewakili manusia dan persyaratan teknis disebut apa | socio-techical model | soft-system methodology | partipatory design | cognitive model | arsitektur model |
67 | analisis tugas digunakan untuk kecuali | manual dan pengajaran | menangkap kebutuhan dan merancang sistem | merancang antar muka detail | jawaban a,b,c benar | jawaban a,b,c salah |
68 | teknik analisis tugas dibagi menjadi beberapa bagian kecuali | dekomposisi tugas | analisis berbasis pengetahuan | teknik berbasis relasi entitas | jawaban a,b,c benar | jawaban a,b,c salah |
69 | makna dari percakapan yang berhubungan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer disebut ? | semantik | sintaktik | leksikal | persuasif | edukasi |
70 | urutan dan struktur input dari output, yang mana bahasa manusia ekuivalen dengan tata bahasa dari suatu kalimat disebut apa | semantik | sintaktik | leksikal | persuasif | edukasi |
71 | bentuk ikon pada layar, tombol, tombol yang ditekan, dengan bahasa manusia ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata sisebut apa? | semantik | sintaktik | leksikal | persuasif | edukasi |
72 | klasifikasi kesalahan merupakan suatu aksi yang berlawanan dengan aksi yang sebenarnya. Suatu aksi yang diambil berdasarkan keputusan yang salah, contoh menggeser ikon hardisk ke recycle bin yang berarti menghapus semua file dalam hardisk disebut apa | mistakes | slips | capture error | data driven error | associative-activation error |
73 | kesalahan yang tidak disengaja disebut | mistakes | slips | capture error | data driven error | associative-activation error |
74 | kesalahan karena terlalu sering atau kebiasaan disebut | mistakes | slips | capture error | data driven error | associative-activation error |
75 | kesalahan dalam melakukan aksi pada objek yang salah disebut | mistakes | slips | capture error | description error | associative-activation error |
76 | kesalahan karena pengaruh data yang ada didalam pikiran user saat itu disebut | mistakes | slips | capture error | description error | associative-activation error |
77 | kesalahan karena lupa apa yang harus dilakukan disebut | mode error | slips | capture error | description error | associative-activation error |
78 | pada analisis data terdapat beberapa jenis tes antara lain kecuali | parametrik | non-parametrik | tabel kontingensi | jawaban a,b,c benar | jawaban a,b,c salah |
79 | diasumsikan berdistribusi normal dan tetap dapat bekerja serta berdaya guna dalam berbagai kondisi disebut apa | parametrik | non-parametrik | tabel kontingensi | linier | regresi |
80 | distribusinya diasumsikan tidak berdistribusi normal, kurang berdaya guna tetapi lebih handal | parametrik | non-parametrik | tabel kontingensi | linier | regresi |
81 | teks yang mempunyai kaitan ke dokumen lain atau memungkinkan suatu teks pendek menjadi acuan untuk membuka dokumen lain disebut? | hiperteks | hipermedia | hiperbola | hiper | hiperteks linier |
82 | analisis protokol merupakan metode untuk merekam aksi-aksi yang dilakukan user dengan menggunakan beberapa peralatan seperti kecuali | audio recording | video recording | computer logging | notebook | memory |
83 | ada beberapa faktor yang membedakan teknik evaluasi yang membantu dalam memilih teknik yang sesuai antara lain | pengolahan data | basis data | tingkat siklus | system pakar | kompilator |
84 | dalam metode evaluasi, evaluasi pada tingkat perancangan hanya membutuhkan ahlinya dan akan dianalisa sedangkan evaluasi pada tingkat imlementasi menjadikan user sebagai subjek eksperimen. Metode evaluasi ini disebut juga dengan | design vs implementation | laboratory vs field studies | subjektif vs objektif | qualitative vs quantitative measures | instrusiveness |
85 | metode evaluasi yang membahas merancang dua jenis evaluasi dimana pada aktifitas dilaboratorium merupakan awal tingkatan sedangkan studi lapangan ditempatkan pada tingkat implementasi metode ini disebut juga | design vs implementation | laboratory vs field studies | subjektif vs objektif | qualitative vs quantitative measures | instrusiveness |
86 | metode evaluasi yang membahas teknik subjektif seperti pada cognitive walkthrough maupun think aloud, yang memercayakan hasilnya pada evaluator atau orang yang melakukan evaluasi. Metode evaluasi ini disebut dengan | design vs implementation | laboratory vs field studies | subjektif vs objektif | qualitative vs quantitative measures | instrusiveness |
87 | metode evaluasi yang membahas pengukuran menggunakan numerik lebih mudah dilakukan daripada dengan teknik statistik sedangkan pengukuran non-numerik lebih sulit dilakukan namun akan menghasilkan sesuatu yang penting secara lebih lengkap. Ini merupakan metode evaluasi | design vs implementation | laboratory vs field studies | subjektif vs objektif | qualitative vs quantitative measures | instrusiveness |
88 | yang perlu dilakukan dalam mendesain window kecuali | desain judul window | modalitiy | desain border | warna window | font window |
89 | mekanisme saat window menerima data data dari input drive kecuali | document window | aplication window | utility window | multiple window | jawaban a,b,c benar |
90 | dibawah ini merupakan alat input pada perangkat keras kecuali | monitor | mouse | bar code reader | scanner | keyboard |
91 | dibawah ini merupakan alat output pada perangkat keras kecuali | printer | keyboard | speaker audio | LCD | monitor |
92 | bahasa pemograman yang masih berbentuk teks hasil outputnya adalah | delphi | pascal | visual basic | visual foxpro | visual c++ |
93 | program yang digunakan untuk mengontrol cpu dan hardware adalah | MS-excel | ms-windows | ms-access | pascal | cobol |
94 | sejumlah pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu pilihan yang tersedia yang ditandai dengan tanda tertentu adalah | tombol tekan | combobox | check box | tombol radio | radio botton |
95 | aspek penting yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan kenyamanan pekerjaan adalah kecuali | aspek ergonomik | kualitas udara | pencahayaan | jenis komputer | posisi gedung |
96 | prosedure untuk memulai menggunakan grafik adalah | close graph | open graph | init graph | set graph | graph |
97 | berisi kode dan data yang diperlukan supaya graik dapat ditampilkan kelayar | grafik driver | vga card | gui | program | system |
98 | media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan satu perintah kepada komputer adalah definisi | program | aplikasi | system | interface | semua jawaban salah |
99 | media bentuk sederhana dialog antara manusia dan komputer yang kurang menarik karena berisi teks adalah | media gambar | media tekstual | media GUI | media aplikasi | media window |
100 | model sistem antar muka antara lain kecuali | peranti keluaran | peranti masukan | pengontrol keluaran | pengontrol masukan | intelektual |
101 | ragam dialog interaktif dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian antara lain kecuali | dialog berbasis perintah tunggal | dialog berbasis bahasa pemograman | keseimbangan | antarmuka berbasis ikon | manipulasi langsung |
102 | karakteristik ragam dialog interaktif yang perlu dimiliki oleh setiap ragam dialog adalah kecuali | inisiatif | keluwesan | kompleksitas | kekuatan | saraf |
103 | disebut apakah sifat dasar dari sembarang dialog | inisiatif | keluwesan | kompleksitas | kekuatan | beban informasi |
104 | disebut apakah atribut untuk membantu pengguna dalam mengembangkan mentalitas yang diperlukan dalam pengoperasian sistem komputer. | inisiatif | konsistensi | kompleksitas | kekuatan | beban informasi |
105 | disebut apakah membuat antar muka lebih dari apa yang diperlukan, karena tidak ada keuntungan yang dapat diperoleh, malahan akan menjadikan implementasinya menjadi lebih sukar | inisiatif | konsistensi | kompleksitas | kekuatan | beban informasi |
106 | disebut apakah jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh pengguna | inisiatif | konsistensi | kompleksitas | kekuatan | beban informasi |
107 | disebut apakah ragam dialog yang terjadi antara komputer dengan manusia lebih menitik beratkan pada penyajian informasi yang dihasilkan komputer kepada pengguna. | inisiatif | konsistensi | kompleksitas | kekuatan | beban informasi |
108 | disebut apakah ketika sebuah program aplikasi sedang dijalankan, pengguna seringkali harus menunggu sampai komputer menampilkan hasil yang ia inginkan. | umpan balik | konsistensi | kompleksitas | kekuatan | beban informasi |
109 | disebut apakah sistem itu berfungsi secara benar dan nampak sederhana bagi pengguna, meskipun sesungguhnya pengolahan secara internalnya sangat rumit | observabilitas | konsistensi | kompleksitas | kekuatan | beban informasi |
110 | disebut apakah kebalikan dari observabilitas | kontrolabilitas | konsistensi | kompleksitas | kekuatan | beban informasi |
111 | disebut apakah strategi yang diambil dalam perancangan sembarang sistem manusia -komputer haruslah dapat membagi-bagi pekerjaan antara manusia dan komputer seoptimal mungkin . | keseimbangan | konsistensi | kompleksitas | kekuatan | beban informasi |
112 | keuntungan penggunaan dialog berbasis perintah tunggal antara lain kecuali | cepat | efisien | akurat | ringkas | membutuhkan penggunaan yang teratur |
113 | kerugian penggunaan dialog berbasis perintah tunggal antara lain kecuali | memerlukan pelatihan yang lama | membutuhkan penggunaan yang teratur | beban ingatan yang tinggi | luwes | jelek dalam menangani kesalahan |
114 | beberapa saran yang perlu dipertimbangkan untuk meminimalkan beban ingatan dan kesalahan pengetikan antara lain kecuali | pilihlah kata kunci yang mudah diingat | gunakan format perintah yang konsisten | gunakan untaian kata yang pendek | tambahkan fasilitas bantuan | dekatkan mata kemonitor |
115 | keuntungan penggunaan antar muka berbasis bahasa alami kecuali | tidak memerlukan sintaks khusus | luwes dan powerful | alamiah | merupakan inisiatif campuran | mempunyai dualisme |
116 | kerugian penggunaan antar muka berbasis bahasa alami kecuali | bertele-tele | tidak presis | tidak efisien | perancangan perangkat lunak yang rumit | alamiah |
117 | keuntungan mengunakan sistem menu kecuali | memerlukan sedikit pengetikan | beban memori rendah | strukturnya terdefinisikan dengan baik | perancangan yang mudah | sering kali lambata |
118 | kerugian mengunakan sistem menu kecuali | tidak cocok untuk dialog terinisiasi campuran | tidak cocok untuk dialog terinisiasi pengguna | tidak cocok untuk aktifitas pemasukan data | memakan ruang layar | perancangan yang mudah |
119 | disebut apakah adanya pembatasan agar pengguna tidak dapat mengakses semua tampilan yang ada dilayar | proteksi tampilan | batasan medan tampilan | isi medan | mendan opsional | default |
120 | disebut apakah medan data yang ditentukan untuk mempunyai panjang yang tetap atau berubah, menggunaka format bebas atau tertentu | proteksi tampilan | batasan medan tampilan | isi medan | mendan opsional | default |
121 | disebut apakah mempunyai sejumlah gambaran tentang isi medan yang diperbolehkan. Petunjuk pengisian dapat juga ditampilkan sebagai bagian dari tampilan | proteksi tampilan | batasan medan tampilan | isi medan | mendan opsional | default |
122 | disebut apakah dapat dinyatakan secara tekstual atau menggunakan aturan tertentu seperti penggunaan warna berintensitas rendah, warna tampilan yang berbeda beda. | proteksi tampilan | batasan medan tampilan | isi medan | mendan opsional | default |
123 | disebut apakah dalam medan isian dimungkinkan adanya nilai default | proteksi tampilan | batasan medan tampilan | isi medan | mendan opsional | default |
124 | kursor dapat digerakkan di sekeliling layar menggunakan tombol TAB untuk urutan yang tetap merupakan defenisi dari | navigasi | batasan medan tampilan | isi medan | mendan opsional | default |
125 | masukan data dalam medan dapat diakhiri dengan jalan menekan tombol enter atau return aau mengisi karakter terakhir dengan karakter tertentu atau dengan cara berpindah kemedan lain merupakan definisi dari | medan penghentian | batasan medan tampilan | isi medan | mendan opsional | default |
126 | keuntungan dari penggunaan dialog berbasis pengisian borang kecuali | pengguna sudah terbiasa dengan pengisian borang | isian data yand disederhanakan | diperlukan sedikit pelatihan | beban memori rendah | seringkali lambat |
127 | kerugian dari penggunaan dialog berbasis pengisian borang kecuali | memakai ruang layar | seringkali lambat | tidak cocok untuk pemilihan perintah | memerlukan pengontrol kursor | tersedia berbagai peranti bantu perancangan tampilan |
128 | sistem penjendelaan seorang pengguna dapat menampilkan sejumlah informasi yang berbeda pada masing-masing jendela merupakan definisi dari | penampilan lebih banyak informasi | pengaksesan banyak sumber informasi | pengkombinasian berbagai sumber informasi | pengontrolan bebas atas sejumlah program | penyajian jamak |
129 | sistem dapat menampilkan sejumlah informasi berbeda, masing-masing pada jendela yang berbeda, pada saat yang sama disebut apa | penampilan lebih banyak informasi | pengaksesan banyak sumber informasi | pengkombinasian berbagai sumber informasi | pengontrolan bebas atas sejumlah program | penyajian jamak |
130 | pengguna dapat mengakses berbagai informasi dari berbagai sumbernya merupakan definisi | penampilan lebih banyak informasi | pengaksesan banyak sumber informasi | pengkombinasian berbagai sumber informasi | pengontrolan bebas atas sejumlah program | penyajian jamak |
131 | jendela-jendela yang ada didalam suatu sistem penjendelaan ,khususnya yang menggunakan jendela dua dimensi dan dua setengah dimensi merupakan definisi | penampilan lebih banyak informasi | pengaksesan banyak sumber informasi | pengkombinasian berbagai sumber informasi | pengontrolan bebas atas sejumlah program | penyajian jamak |
132 | keuntungan penggunaan dialog berbasis manipulasi langsung kecuali | mempunyai analog yang jelas | mengurangi waktu pembelajaran | memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata | penampilan visual yang bagus | memerlukan program yang rumit dan berukuran besar |
133 | kerugian penggunaan dialog berbasis manipulasi langsung kecuali | mudah dioperasikan | memerlukan program yang rumit dan berukuran besar | memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi | memerlukan piranti masukan | memerlukan perancangan tampilan dengan kualitas tertentu |
134 | dukumentasi rancangan dapat dikerjakan atau dilakukan dengan cara kecuali | membuat sketsa pada kertas | menggunakan piranti prototipe | menuliskan tekstual yang menjelaskan tentang kaitan antara satu jendela dengan jendela lainnya | menggunakan piranti bantu | menghubungkan ke CPU |
135 | pada perancangan tampilan untuk antarmuka berbasis teks, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan antara lain kecuali | urutan penyajian | kelonggaran | pengelompokan | relevansi | pengecualian |
136 | keuntungan ya yang dapat diperoleh dengan adanya tombol fungsi antara lain kecuali | mengurangi beban ingatan | mudah dipelajari | kecepatan yang lebih tinggi | mengurangi kesalahan | dapat dimodifikasi |
137 | pekerjaan yang daoat dikatatakan berkebalikan dengan pemasukan data dalam hal ini karakteristik bebannya disebut juga dengan | akuisisi data | data kontrol | data image | system pakar | semua salah |
138 | ragam interaktif dari pemanfaatan layar tampilan mempunyai variasi sangat banyak disebut juga dengan | akuisisi data | data kontrol | pekerjaan interaktif | system pakar | semua salah |
139 | pengendalian cahaya yang berasal dari berbagai sumber cahaya memerlukan perhatian pada kecuali | perancangan lighting fixtures | penutup jendela | penempatan lighting fictures | faktor refleksitas | faktor keyboard |
140 | kepanjangan GUI | graphical user interface | graph user interface | graphical user iface | graphical use interface | graphical user interfaces |
Rabu, 25 Mei 2011
IMK (Kisi-kisi)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar