Perancangan Bahasa Pemrograman
Tujuan :
1. Komunikasi dengan Manusia
2. Pencegahan dan deteksi kesalahan
3. Usability
4. Efektivitas pemrograman
5. Compiability
6. Efisiensi
7. Machine independent
8. Kesederhanaan
9. Unifomity
10. Orthogonality
11. Generalisasi dan spesialisasi
Detail Rancangan
1. Microstructure
Microstructure pada dasarnya mencakup masalah-masalah dalam perancangan bahasa yang mempengaruhi penempilan bahasa tanpa merubah simantiknya
Aspek microstructure
· Set karakter (ASCCI 7 bit merupakan set karakter terbaik)
· Pengaturan komentar
2. Strukture Ekspresi
A/ Struktur Data
a. Deklarasi data
· Konstanta
· Type
· Variable
b. Tipe – tipe data yang telah disediakan dalam bahasa pemrograman
Pendekatan :
- Tidak sama sekali
- Soft typing
- Hard typing
Tipe dapat dikelompokan menjadi :
· Sederhana ( karakter,string )
· Gabungan ( array )
· Kompleks ( tree,stack,queue )
c. Strategi Alokasi storage
- Alokasi statik ( kegunaan : pemakainya tidak dalam prosedure tapi secara global)
- Alokasi Lokal, dinamik dan otomatis (kegunaan: untuk alokasi variable dalam prosedure)
- Retention ( Kegunaan: pada implementasi algoritma back tracking)
- Alokasi Heap
d. Lingkup Variable
Tujuannny adalah agar tidak terdapat dua nama untuk interprestasi yang suatu nama sama.
3. Struktur kontrol
Struktur kontrol paling sederhana adalah kombinasi dari beberapa statment ke dalam statement tunggal.
Contoh :Begin – end, IF, IF Else,
4. Struktur kompilasi
Stuktur kompilasi mencakup aspek dari bahasa yang berkaitan dengan proses kompilasi, berhubungan dengan operasi pada bahasa yang dikerjakan saat kompilasi dan bagaimana kompilasi modul berbeda dan terpisah dari program.
5. Struktur I/O
Sturktur I/O merupakan fasilitas untuk menangani masukan dan keluaran. Fasilitas ini bisa disediakan pada berbagai tingkatan berikut dalam suatu bahasa :
è Bentuk Format –free : berguna untuk komunikasi sederhana bagi programer untuk memeriksa kebenaran program.
è Bentuk formatted : nilai setiap variable dalam masukan atau keluaran ditulis atau dibaca sesuatu dengan format yang ditentukan.
1 komentar:
boleh saya tahu gimana caranya bikin bahasa pemrograman sendiri ?
Posting Komentar